Hello
Kitty (ハローキティ Harōkiti) adalah nama untuk sebuah karakter yang
didesain oleh perusahaan Jepang, Sanrio. Hello Kitty yang memiliki
nama lengkap Kitty White adalah personifikasi
dari kucing berwarna
putih dengan ciri khas pita atau hiasan lainnya di daun telinga sebelah kiri
dan mulut yang tidak digambar.
Hello
Kitty pertama kali diperkenalkan di Jepang pada tahun 1974.
Hak cipta
Hello Kitty didaftarkan pada tahun 1976 dan sekarang merupakan merek
dagang di seluruh dunia. Pada waktu pertama kali diperkenalkan, target
utama pemasaran Hello Kitty adalah anak perempuan, tapi sekarang penggemar
Hello Kitty terdiri dari wanita maupun pria dari berbagai kalangan usia.
Di
Jepang, penggemar berat dan kolektor Hello Kitty disebut Kitty-ra.
Pada tahun 2004, barang-barang Hello Kitty menembus pasar lebih dari 60 negara
di seluruh dunia. Karakter Hello Kitty sudah merupakan subkultur
yang mewakili budaya Jepang.
***
Hello Kitty diciptakan oleh perancang dari Sanrio yang bernama Shimizu Ikuko pada tahun 1974 yang merupakan tahun kelahiran resmi Hello Kitty. Penjualan barang-barang Hello Kitty baru dimulai pada bulan Maret 1975. Barang Hello Kitty pertama dipasarkan berupa dompet kecil yang disebut Puchi Purse dengan harga 240 yen. Perusahaan Sanrio bahkan tidak lagi memiliki dompet Puchi Purse sampai mendapat sumbangan sebuah dompet Puchi Purse dari seorang kolektor yang sekarang dipamerkan di kantor perusahaan. Dompet Puchi Purse kemudian dibuat replikanya dan dijual sebagai barang dalam jumlah terbatas.
Karakter
dalam barang Hello Kitty dari tahun 1974 sampai tahun 1975 belum diberi nama.
Pada dompet Puchi Purse yang merupakan produk pertama hanya tertulis
kata "Hello!" (tanpa tulisan "Kitty"). Pada awalnya orang
Jepang mengenal karakter Kitty White sebagai "kucing putih tidak
bernama," sampai akhirnya perusahaan memberi nama "Kitty" yang
diambil dari nama kucing berbulu putih yang tampil dalam cerita Alice di Negeri Kaca
(Through the Looking-Glass) oleh Lewis
Carroll. Pada mulanya Kitty White tidak memiliki nama keluarga atau nama
keluarganya tidak diumumkan, "White" sebagai nama keluarga baru
ditambahkan di kemudian hari.
Pada
produk-produk awalnya, Kitty selalu digambarkan sedang duduk dan baru pada tahun 1977 Kitty digambarkan
berdiri.
Pada
tahun 1996, Hello
Kitty kembali menjadi populer secara mendadak di kalangan siswa putri sekolah
menengah pertama dan sekolah menengah berkat penyanyi Jepang yang populer pada
saat itu Kahara Tomomi mengaku
sebagai penggemar berat Hello Kitty dalam salah satu acara televisi.
Di
Jepang, kepopuleran Hello Kitty mencapai titik paling rendah di sekitar tahun
1980-an. Pada tahun 1980, Yonekubo Setsuko yang merupakan desainer
generasi kedua digantikan oleh Yamaguchi Yūko yang masih memegang posisi desainer hingga
sekarang. Penampilan karakter Kitty selalu diperbarui setiap tahun, bahkan
penampilan Kitty berbeda-beda setiap pergantian musim. Perusahan juga mengubah
target pemasaran dan melakukan berbagai macam inovasi agar angka penjualan yang
tinggi dapat dipertahankan.
Penelitian
mengenai kembalinya kepopuleran Hello Kitty di Jepang pada tahun 1996 belum pernah
dilakukan orang, sehingga mungkin saja Hello Kitty kembali populer berkat jasa Kahara Tomomi atau mungkin
juga Hello Kitty sudah lebih dulu populer tapi beritanya tidak diangkat oleh
media massa. Dalam pernyataannya pada tahun 1997, direktur perusahaan Sanrio
pernah mengakui bahwa Hello Kitty kembali populer di Jepang berkat Kahara
Tomomi.
Pada
tahun 2004, Kitty
menjabat sebagai "teman khusus anak-anak" di UNICEF hingga
tanggal 1
November 2004).
Selain itu, Kitty juga pernah dua kali menjabat sebagai duta UNICEF, pertama
pada tahun 1983
(UNICEF America Junior Ambassador) dan yang kedua kalinya di Jepang pada tahun 1994.
Di
Amerika Serikat, Hello Kitty menjadi populer pada akhir tahun 1990-an berkat
beberapa orang selebritis seperti Mariah
Carey yang menggunakan Hello Kitty sebagai gaya busana. Hello Kitty juga
pernah menjadi maskot iklan untuk pasar swalayan Target. Ricky
Martin, Cameron Diaz, Heidi Klum,
Steven
Tyler, Carmen Electra, Mandy Moore,
Raven-Symoné,
hingga Paris
Hilton dan Nicky Hilton semuanya pernah terlihat menggunakan
barang-barang Hello Kitty. Penyanyi Lisa Loeb merupakan penggemar
berat Hello Kitty hingga salah satu albumnya diberi nama Hello Lisa yang
dipersembahkan kepada Hello Kitty.
Asal Usul Hello Kitty
Ada beberapa pendapat yang berspekulasi bahwa Hello Kitty berasal dari karakter Maneki Neko dan nama Hello Kitty merupakan terjemahan dari "Maneki Neko" yang dalam bahasa Jepang berarti "kucing memanggil." Pendapat lain mengklaim karakter Hello Kitty mirip dengan karakter Miffy yang diciptakan oleh Dick Bruna pada tahun 1955 dan garis gambar Hello Kitty tidak orisinal.
(Sumber : Wikipedia)
0 comments:
Post a Comment